Mengingat Kematian dan Zuhud Terhadap Dunia

Era globalisasi dunia saat ini cenderung dapat memudahkan kita ke arah kelalaian akan adanya kehidupan akhirat. Dan satu juta berbanding satu orang lebih memilih kehidupan akhirat dengan kesenangan, persaingan, pencarian semu dalam meraih kesuksesan penghidupan dunia.

Kematian bagi setiap manusia adalah sebuah kepastian yang tak mungkin dihindarkan. Berapapun panjangnya usia seseorang, bila saatnya tiba, malaikat maut pasti akan datang kepadanya di saat ajalnya sudah sampai. Namun, tetap saja sebagian manusia lupa terhadap sesuatu yang pasti seperti kematian ini, buktinya tidak ada persiapan untuk menghadapinya dan terus berlomba mengejar fatamorgana kenikmatan dunia yang tidak pernah berakhir.

Mengingat mati adalah suatu kemestian bagi setiap muslim agar lebih giat beribadah dan tidak terbuai dengan segala kehidupan dunia dari dua sisinya, senang dan sedih, kaya dan miskin, bahagia dan derita. Selalu sabar dalam menghadapai berbagai cobaan hidup dan tidak terbuai dengan segala kenikmatan dunia, karena ia selalu ingat bahwa semua itu pasti akan ditinggalkannya bila saat tiba.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mengingatkan terhadap mati dan mendorong bersifat zuhud dalam dunia.

Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dengan sanadnya dari Abu Hurairah RA , ia berkata, 'Nabi berziarah ke kubur ibunya, lalu beliau menangis dan membuat menangis orang-orang yang ada di sekitarnya, maka beliau bersabda:

"Aku meminta ijin kepada Rabb-ku untuk memintakan ampunan untuknya, maka aku tidak diijinkan. Dan aku meminta ijin untuk ziarah ke kuburnya, maka Dia mengijinkan, maka ziarahlah ke kuburan, sesungguhnya ia mengingatkan mati."

Mengingat Kematian & Zuhud Terhadap Dunia
Disusun Oleh: Imam al-Qurthubi
Tarjamah: Moh. Iqbal Ghazali
Murajaah : Eko Haryanto Abu Ziyad
Artikel dengan tebal 6 halaman ini sangat bagus untuk kita para pencari taubat. Untuk mendownloadnya silahkan kunjungi sumber artikelnya... atau Sahabat bisa KLIK..KLIK

Ditulis Oleh: KanG piE

Info yang kamu baca adalah Mengingat Kematian dan Zuhud Terhadap Dunia dengan harapan bermanfaat untuk kamu. Silahkan kamu copas dan menyebarluaskan seluruh isi artikel ini dengan catatan menyebutkan sebagai asal sumber Info ini.

Sahabat KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...