Kang Goler Berkenalan Dengan Pagerank

"Saya mau bikin situs buat nyalurin bakat menulis saya yang sudah lama disimpan Beng." Ucap Kang Goler di sela-sela kesibukannya menyiapkan umpan pancing.

"Situs?! Apa itu situs kang?" Tanya Si Beng tidak mengerti.

"Nah ini contoh orang yang sudah ketinggalan zaman. Sama Situs saja tidak tahu. Makanya sering-sering main ke kantor desa. Di sana tuh ada komputer yang disediakan khusus buat masyarakat yang mau tahu perkembangan informasi melalui internet. Nah di Internet itu lah ada semacam majalah atau koran yang memberikan informasi apa saja. Orang biasanya menyebutnya situs, web atau blog. Trus yang punya atau yang mengelola situs itu dinamakan webmaster atau admin."

"Waduh, hebat sekali akang ini. Trus buat apa akang mau buka situs segala"

"Saya tuh akan menjadi penulis terkenal Beng. Saya mau menunjukan pada dunia, kalau tulisan saya bagus dan banyak yang baca melalui situs saya. Situsnya saya kasih nama GolerTea DotCom."

"Wah.. wah.. wah.. Optimis sekali akang tuh. Tapi akang tuh sudah tahu cara-caranya bagaimana kalau situsnya bisa cepat terkenal?"

"Tentu saja. Menurut ilmu yang saya dapat dari internet. Ada alat ukur dalam menilai peringkat situs dengan melihat jumlah pengunjung yang datang ke situs. Namanya Pagerank yang punya Google."

"Hebat sekali Si Pagerank bisa ngukur jumlah pengunjung. Si Pagerank bisa menghitung jumlah ikan dan harganya juga ya kang?"

"Ush, Ya tidak bisa Beng. Pagerank adalah nilai numerik yang menunjukkan betapa pentingnya halaman situs. Cara kerjanya menggunakan algoritma tertentu untuk merangking situs yang terdiri dari lebih dari 100 macam kriteria yang berbeda dalam perhitungannya. Google memberikan harga terhadap blog dan memberikan nilai tergantung seberapa penting halaman blog tersebut. Supaya situs saya tuh bisa tinggi pageranknya yang artinya tulisan saya banyak yang baca caranya banyak backlink dari tempat yang kita telah koleksi. Semakin banyak link yang menuju ke halaman blog, semakin tinggi peringkat yang kita miliki. Pagerank hanya tergantung dari berapa banyak backlink. Tulisannya harus bagus dan asli buatan sendiri. Sering-sering submit atau berkunjung dan ngenalin situsnya. Tukeran link atau alamat situs. Pokoknya banyak cara."

"Emang Si Pagerank tinggi penting sekali gitu?"

"Kalau buat menjamin banyak yang baca sih tulisan saya sih tidak menjamin. Tapi Google masih terus melakukan update pagerank. Ini artinya pagerank masih memiliki peran penting dalam penentuan peringkat situs atau web dalam hasil pencarian."

"Oooo.." Si Beng meng okan kalaupun ia tidak mengerti apa yang dikatakan Kang Goler. Karena mata dan pikirannya lebih tertuju pada pancing di tepi sungai itu.

"Nah tidak lama lagi kamu akan melihat Kang Goler yang sekarang berbeda dengan Kang Goler yang akan datang."

"Haa.. Beda?! Beda apanya?"

Si Beng menoleh ke arah Kang Goler dengan pandangan aneh. Kang Goler membalasnya dengan senyuman manis hingga terlihat jejeran gigi berwarna pelanginya. Merah, kuning, hijau dan biru sementara warna putihnya tidak terlihat.

"Maksud akang tumbuh jerawat banyak di mukanya. Trus rambutnya dicat merah mirip Mak lampir nyari sendal jepit. Atau..."

"Aaaa..."

Kang Goler memotong pembicaraan. Mimik mukanya berubah merah putih dan kedua bola matanya memberputar dengan kecepatan 5 detik perputaran.

"Bukan itu. Maksud saya tuh Kang Goler yang tadinya tukang mancing berubah jadi penulis terkenal gitu."

"Ooo.. Lha emangnya akang sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti buku, pulpen, komputer, alat buat bisa internetan."

Kang Goler hanya geleng kepala.

"Lha trus, Gimana buat buat jadi penulisnya kalau belum ada komputer dan alat lainnya?"

"Nah itu yang akan bingung. Gimana ya? Menurut kamu gimana?"

"Uuu.. Dalam mimpi baru bisa kang. Uang dari hasil mancing saja senin kemis puasa. Apa lagi mau beli komputer buat jadi penulis. Dasaaaarrr.."

Ditulis Oleh: KanG piE

Info yang kamu baca adalah Kang Goler Berkenalan Dengan Pagerank dengan harapan bermanfaat untuk kamu. Silahkan kamu copas dan menyebarluaskan seluruh isi artikel ini dengan catatan menyebutkan sebagai asal sumber Info ini.

Sahabat KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...